redmine logo

redmine git-hosting plugin

Pengenalan

Membuat versioning control memang susah susah gampang, apalagi yang sebelumnya terbiasa dengan SVN dan sekarang ingin menerapkan Git, namun jangan khawatir, Aitech akan coba menjelaskan secara detil bagaimana menambahkan Git ke dalam Redmine. oh ya, tutorial ini bukan untuk membuat Git dari awal, ini lanjutan dari tulisan sebelumnya.

Daftar Isi

  1. Install git-hosting plugin
  2. Menambahkan Repository
  3. Unduh dan Install Git dan TortoiseGit
  4. Generate SSH Key
  5. Menambahkan Deployment User dalam Redmine

 

Install git-hosting plugin dan membuat repo

Aitech tidak akan panjang lebar menerjemahkan tutorial yang sudah dibuat oleh developer pluginnya ­čÖé silahkan baca caranya disini.

Menambahkan Repository

Arahkan ke url Redmine, pada Project klik Settings dan masuk ke Repository dan tambahkan repo baru

add new repo

selanjutnya, dalam menu new repo, pastikan memilih Gitolite sebagai SCM nya dan tambahkan identifier untuk digunakan sebagai git folder nantinya.

content-new-repo

Dan setelah repo dibuat, klik tautan repo yang baru saja dibuat.

repo-created

Karena pada awal konfig tadi kita meminta Redmine untuk melakukan initiasi Readme, maka didalam repo baru secara automatis sebuah berkas Readme.md sudah terbuat.

contoh-repo

Dan jika dilihat dalam Settings repo tersebut, saat ini belum ada user yang diizinkan clone terhadap repo ataupun push dalam repo. Karena itu, nanti harus dibuatkan user yang boleh clone/commit/push etc ke repo ini.

repo-settings-1

Sampai disini, menginstall dan membuat repository baru sudah selesai.

Unduh dan Install Git dan TortoiseGit

Sebelum menginstall yang lainnya, pertama sekali memastikan bahwa komputer yang kita gunakan sudah terinstall Git, jika belum, silahkan unduh git untuk windows disini.

download-git

Dari sini, silahkan klik file yang sudah diunduh dan ikuti langkah langkah dialog dari installer Git.

install Git

complete-git-setup

Setelah Git selesai, selanjutnya adalah mengunduh TortoiseGit dan install ke komputer.

install tortoisegit

Setelah TortoiseGit terinstall, klik pada pada windows explorer dan pilih TortoiseGit -> Settings, selanjutnya masukkan informasi mengenai user dan email dari pengguna komputer.

TortoiseGit Setting-1

TortoiseGit Setting-2

Generate SSH Key

Tahap selanjutnya, Kita akan menggunakan PuttyGen yang sudah terinstall dalam  paket TortoiseGit yang digunakan untuk mengenerate ssh key untuk bisa diberikan akses oleh Git Server.

puttyGen

Selanjutnya klik Tombol generate pada puttygen sehingga muncul Keys, jangan lupa untuk menyimpang Private Key dan Public Key karena nanti akan digunakan dalam ToitoiseGit.

GenerateKey

CopyKey

Menambahkan Deployment User dalam Redmine

Sampai disini, kita akan beralih lagi ke Redmine Website guna meletakkan SSH keys yang sudah di copy tersebut ke dalam user repo, klik pada menu kanan atas “My Account –> Public Keys”

Add Key

Kembali lagi pada menu repository, klik “Add Deployment Credentials” dan masukkan informasi SSH yang sudah di tambahkan sebelumnya.

add avudzyahoo

 

Jika key berhasil disimpan, lakukan penambahan keys sebanyak mungkin user yang nanti akan menggunakan repo tersebut, seperti gambar berikut Aitech juga menambahkan user admin.

hasil user

Selanjutnya, proses yang kita lakukan adalah melakukan cloning isi yang sudah kita buat pada repository di Git Server. Masuk ke dalam Directory yang dijadikan sebagai tempat bekerja, Klik kanan mouse, dan Pilih Git Clone.

Git Clone

Jika direktori ini pertama sekali digunakan sebagai tempat bekerja, maka Git akan meminta untuk mengisi alamat Git Server dan lokasi repository yang akan digunakan, dan juga SSH keys yang kita gunakan sebelumnya.

GitClone Settings

Selanjutnya Git akan memulai Clone repository yang sudah dibuat.

git clone

Disini, Aitech akan membuat sebuah berkas dan melakukan Commit kepada Git Server.

git commit

Bagi yang familiar dengan Git Bash / Command line, tentu kita perlu push ke server supaya server mendeteksi ada perubahan pada repository.

Git push

Git push-1

Setelah Push selesai, mari kita lihat hasil yang ada pada redmine git hosting.

redmine hasil akhir

Terlihat sekarang repository sudah ada satu berkas baru yaitu “pekerjaan tertunda.txt” – Anda bisa juga menggunakan berkas yang lainnya, demikian cara instalasi dan penggunaan git hosting pada redmine.

Kesulitan?

Jika anda merasa kesulitan, silahkan kontak tim Aitech pada menu Kontak, kami siap membantu Anda !

 

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (required):

Back to Top